Usia Berbuah Alpukat Kelud Wajib Cek Disini

20 March 2023 - Kategori Blog

Bertanam sebuah tanaman buah, tentu sangat ingin berharap ada buah yang bisa dipetik kemudian hari. Dimana buah yang dihasilkan dari tanaman yang kita rawat sehari-hari menjadi kepuasan tersendiri dalam berprosesnya. Namun kita juga wajib tahu kapan usia produktif atau usia berbuah dari tanaman yang sedang kita rawat. Salah satunya adalah Alpukat Kelud. 

Pada artikel ini kita akan menjelaskan secara sederhana usia berbuah Alpukat Kelud yang berasal dari budidaya sambung. Seperti yang sudah kita jelasan pada artikel sebelumnya, bahwa Alpukat Kelud dibudidayakan dari sambung. Dimana keunggulan dari cara ini adalah tanaman Alpukat Kelud bisa berbuah lebih cepat, dibanding dengan cara normal atau asal biji. 

Usia Berbuah Alpukat Kelud Wajib Cek Disini

Hal Penting agar Maksimal

Sehingga tidak menutup kemungkinan Sobat Agro mendapatkan tanaman Alpukat Kelud kecil sudah bisa berbunga dan berbuah. Hal ini bisa terjadi karena tanaman mendapatkan entrees dari induk atau batang tua. Namun perlu dicatat, sebaik-baiknya tanaman Alpukat Kelud berbuah wajib proporsional agar menghasilkan buah yang baik juga.

  • Tanaman Sehat

  • Media Baik

  • Tumbuh Subur

  • Banyak Daun

  • Batang Kokoh

  • Usia Ideal

Kapan usia berbuah Alpukat Kelud? Tanaman Alpukat Kelud berbuah di usia 1,5-2 tahun atau batang sebesar 3 jari atau lengan orang dewasa. Tinggal mana yang bisa terpenuhi dahulu, batang atau usia. Karena kondisi dilapangan bisa berbeda-beda, ada yang tanamannya subur dan batang sudah besar bisa juga berbuah. Ada yang kondisi kurus tapi usia sudah tua dan tidak berbuah-buah. Namun yang pasti, tanaman wajib subur dan sehat. 

Media Tanam Alpukat Kelud

Tanaman Alpukat Kelud suka dengan media yang poros, artinya air bisa keluar dengan lancar dan baik setelah disiram. Poros ini bisa kita rancang dengan memberikan media yang banyak rongga, namun tetap bisa menyimpan air. Salah satu media tersebut adalah sekam mentah. Media sekam, kita kombinasi dengan tanah, dan kompos kambing jadi. 

Media bisa menggunakan perbandingan 3 Sekam Mentah x 2 Tanah Biasa/Subur x 1 Kohe Kambing. Aduk sampai merata dan siap dijadikan media tanam Alpukat Kelud. Seiring berjalannya waktu bisa ditambahkan kohe kambing secara bertahap per 3 bulan sekali untuk memberikan nutrisi. 

Bagaimana, sudah cukup jelas ya untuk usia produktif atau usia berbuah Alpukat Kelud? Semoga membantu, salam Hijau Indonesia.