Perbedaan Ketapang Varigata Original dan Asal Sambung

21 May 2024 - Kategori Blog

Tanaman ketapang menjadi viral berapa bulan ini, karena banyak digunakan oleh desain eksterior dalam pembuatan rumah minimalis. Namun sedikit yang mengetahui bahwa ada beberapa jenis tanaman ketapang. Seperti pada artikel sebelumnya sudah kita jelaskan bahwa tanaman ketapang ada tiga jenis: ketapang laut, ketapang kencana hijau, dan ketapang kencana varigata.

Perbedaan Ketapang Varigata Original dan Asal Sambung

Budidaya Ketapang Varigata Asli dan Sambung

Jika Sobat Agro belum memahami perbedaan dari ketiga jenis tersebut, silakan bisa baca disini penjelasan tentang jenis pohon ketapang. Pada artikel ini kita akan memfokuskan pembahasan pada tanaman ketapang kencana varigata atau ketapang kencana putih. Jenis ketapang kencana varigata putih banyak dibudidayakan dengan dua cara, pertama asal biji atau disebut dengan ketapang varigata asli dan kedua ketapang varigata asal okulasi / sambung.

Pesona Ketapang Kencana Varigata Putih

Tanaman ketapang kencana varigata memiliki pesona yang menarik jika sudah berukuran besar. Hal ini sangat menarik karena banyak negara-negara seperti China dan Jepang yang menjadikan hiasan jalan dan taman. Pesona tersebut yang menjadikan banyak masyarakat Indonesia menanamnya dirumah.

Ketapang Varigata Original Asli dan Sambung

Terkait soal warna daun ketapang varigata, baik asli dan sambung sama saja. Perbedaannya hanya pada budidayanya saja seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jika ketapang varigata asli berasal dari semai biji atau stek, maka ketapang varigata sambung merupakan hasil sambungan dari ketapang kencana hijau dengan ketapang varigata / putih.