Perbedaan Kakao dan Coklat, Wajib Cek Dulu

09 April 2024 - Kategori Blog

Makanan dengan cita rasa coklat mungkin sudah tidak asing dengan kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari minuman, kue, susu, dan ragam olahan lainnya yang memiliki rasa coklat. Namun apa kita pernah mendengar “Kakao”? Bisa jadi hanya sebagian orang saja yang mengetahuinya.

Kakao Coklat Super Biji 30 cm

Perbedaan Kakao dan Coklat

Lalu apa perbedaan antara kakao dan coklat? Pertama kita harus pahami dulu bahwa coklat adalah produk olahan yang berasal dari biji tanaman. Misal susu coklat, itu bukan berasal dari sapi yang mengeluarkan susu dengan rasa coklat. Tidak ada sapi yang mengeluarkan susu dengan rasa coklat, bisa dipastikan 100% susu sapi berwarna putih dan rasa pada umumnya.

Coklat Hasil Olahan dari Kakao

Baik, kita kembali ke coklat dan kakao tadi. Bahwa coklat adalah istilah untuk hasil olahan dari kakao itu sendiri. Secara garis besar tidak ada perbedaan antara kakao dan coklat karena itu sama. Hanya berbeda dalam penyebutan saja dan hasil olahannya. Coklat adalah hasil dari olahan kakao yang sudah ditambahkan berbagai rasa. Sehingga tidak jarang kita sering temui ragam bentuk dari kakao, misal coklat batangan, susu coklat, dan lain sebagainya.

Bagaimana sudah cukup jelas ya perbedaan antara kakao dan coklat? Semoga bisa menambah wawasan teman-teman Sobat Agro. Mau tanam kakao atau coklat? Silakan order dan tanam kakao sekarang, nikmati coklat kemudian. Salam Hijau Indonesia.