Perbedaan Daun Alpukat Markus dan Aligator, CEK

12 December 2022 - Kategori Blog

Memilih bibit tanaman buah, seperti Alpukat tentu akan menjadi hal yang sulit untuk yang baru memulai tanaman buah. Hal ini tidak lain karena tanaman alpukat memiliki daun yang mirip-mirip satu dengan jenis lainnya. Namun ada cara sederhana yang bisa menjadi acuan kita dalam menentukan jenis alpukat tersebut.

Perbedaan Daun Alpukat Markus dan Aligator, CEK

Pada ulasan artikel kali ini kita akan membahas secara sederhana cara membedakan tanaman alpukat jenis markus, aligator, dan red vietnam. Karena banyak sobat Agro yang mencari bibit tersebut untuk dijadikan tanaman tabulampot. Sehingga dengan adanya informasi ini Sobat Agro menjadi lebih paham tentang ciri daunnya. Baik, langsung saja kita bahas secara detail tentang ciri daunnya.

  • Ciri Daun Alpukat Markus

Keunggulan varian alpukat markus adalah buahnya yang besar dan daging buahnya juga tebal. Bentuk buah bulat dan berukuran jumbo, ada juga yang menyebutnya dengan nama Alpukat Kendil. Hal ini dikarenakan bentuk buah yang menyerupai kendil atau botol minum tersebut.

Untuk ciri daunnya, sesuai pada gambar diatas, memiliki daun lebar dan jari yang jelas. Jika dibandingkan dengan ukuran panjangnya hampir sama atau tidak terlalu jauh antara panjang dan lebar.

  • Ciri Daun Alpukat Aligator

Pada tanaman buah alpukat aligator, memiliki bentuk buah yang panjang dan lonjong dengan biji berada di bawahnya. Untuk daging buahnya tebal dan juga banyak, sehingga banyak dibudidayakan juga.

Untuk ciri daunnya, alpukat aligator lebih panjang dari pada lebarnya. Kemudian ada melambai atau bergelombang pada sisi daunnya. Bisa dicek pada gambar sebelumnya.

  • Ciri Daun Alpukat Red Vietnam / Alpukat Merah

Pada tanaman alpukat merah, kita sebut demikian saja untuk red vietnam agar mudah. Ciri daun memiliki ukuran yang lebih kecil dan sedang dari varian diatas. Kemudian ciri daun mudanya yang berwarna merah. Tapi perlu dicatat bahwa daun muda akan tua dan menjadi warna hijau.

Bagaimana, apa informasi ciri-ciri daun Alpukat tersebut sudah cukup membantu dalam membedakan? Semoga bermanfaat, Salam Agro Bibit Indonesia.