Perbedaan Biji Solobium Parahyba dan Parica

16 April 2024 - Kategori Blog

Pohon Solobium menjadi salah satu tanaman hias, untuk kafe di Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Kota Besar lainnya. Memang sangat viral di beberapa tahun terakhir, karena pesona sejuknya dan warna batang hijaunya yang cantik. Namun sedikit yang mengetahui bahwa pohon solobium terbagi menjadi dua jenis.

Jenis Solobium di Indonesia

Saat ini ada dua jenis yang banyak ditemukan di Indonesia, pertama ada solobium parica atau juga disebut sengon parica. Hal ini karena jenis solobium ini juga mirip dengan sengon yang sering kita jumpai. Perbedaanya terletak pada warna batang yang dimana solobium parica lebih dominan hijau, sedangkan kalau sengon biasa lebih berwarna putih coklat.

Kedua jenis solobium parahyba yang lebih ideal untuk dijadikan pohon hias, baik untuk kafe, taman rumah, taman kantor, dan kebutuhan lainnya. Warna batang cenderung hijau segar, baik dari kecil sampai menjadi batang besar.

Perbedaan Biji Solobium Parahyba dan Parica

Tidak hanya dalam bentuk dan ukuran pohon saja, biji solobium parahyba dan parica juga berbeda satu dengan lainnya. Berikut tabel perbedaan biji solobium parahyba dan parica.

PERBEDAANPARAHYBAPARICA
Tekstur BijiHalusHalus
Panjang Biji3 cm2 cm
Ketebalan BijiLebih TebalLebih Tipis
Kesulitan SemaiLebih SulitLebih Mudah

Perbedaan Biji Solobium Parahyba dan Parica

Bagaimana sudah cukup jelas bukan penjelasan untuk perbedaan biji solobium parahyba dan solobium parica? Semoga bermanfaat, Salam Hijau Indonesia.