Perbedaan Benih Biji Jabon Merah dan Jabon Putih

02 May 2024 - Kategori Blog

Pohon jabon menjadi salah satu pohon penghasil kayu untuk kebutuhan industri, baik untuk kebutuhan bangunan, kertas, perkakas, dan kebutuhan lainnya. Namun perlu diketahui untuk sekarang ini ada dua jenis jabon yang ada di Indonesia. Kedua jenis tersebut adalah jabon putih dan jabon merah, dimana keduanya jika sudah menjadi bibit atau tanaman bisa dikenali dari daunnya. Pada jabon merah memiliki daun yang bercorak kemerahan dan jabon putih memiliki daun berwarna hijau bersih.

Lalu bagaimana dengan bijinya? Pada biji jabon memang sama-sama lembut atau berbiji kecil-kecil sekali. Tapi ada juga ciri dari biji jabon merah dan jabon putih, berikut beberapa perbedaan biji jabon merah dan jabon putih:

Warna Biji Jabon Merah dan Jabon Putih

Pada warna biji bisa kita lihat, untuk jenis jabon merah ada warna agak kemerahan. Sedangkan pada jabon putih lebih banyak warna agak kehitaman. Lebih detailnya bisa langsung cek pada gambar berikut:

Biji Jabon MerahBiji Jabon Putih

Bagaimana, sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan biji jabon merah dan jabon putih? Bagikan pada rekan Anda jika artikel berikut bermanfaat, salam hijau Indonesia.