Panduan Cara Semai Biji Solobium Parahyba

07 July 2023 - Kategori Blog

Tanaman Pohon Solobium, khususnya yang jenis parahyba adalah tanaman solobium yang sangat banyak dicari untuk penghias dari sebuah kafe atau perumahan. Saat ini sudah banyak penjual pohon solobium parahyba yang menawarkan produknya dengan berbagai ukuran. Mulai dari ukuran bibit 30-50 cm, ukuran sedang 1 meter, dan ukuran pohon 2-3 meter. 

Lalu bagaimana tanaman solobium parahyba dibudidayakan? Tanaman solobium parahyba dibudidayakan dengan metode semai biji. Dimana biji diambil dari tanaman yang sudah tua, kemudian di semai untuk dijadikan bibit tanaman. Bagaimana proses atau cara semai biji solobium parahyba? Simak panduan singkat berikut.

Biji Solobium Parahyba harga terbaik

Panduan Cara Semai Biji Solobium Parahyba

  1. Persiapkan Biji Berkualitas

    Sebelum mulai menyemai tanaman solobium parahyba, Anda wajib memiliki bijinya tentunya. Pastikan mendapatkan biji yang terbaik dan sesuai dengan jenis yang akan disemai. Bisa cek [DISINI] untuk mendapatkan biji atau benih solobium parahyba yang berkualitas.

  2. Masak Air Panas

    Setelah biji Anda miliki, selanjutnya adalah masak air panas secukupnya. Pastikan air yang dimasak sampai mendidih secara penuh ya, jangan setengah panas atau hangat kuku. 

  3. Tuangkan di Baskom

    Selanjutnya ambil biji yang akan disemai secukupnya, ke dalam media baskom yang anti panas ya. Hal ini agar tidak meleleh tempatnya karena air panas. Kemudian siram dengan air masak yang sudah panas tadi.

  4. Diamkan Selama 1 Jam

    Setelah itu biarkan biji berada dalam air panas selama 1 jam, tujuannya adalah agar kulit luar dari biji solobium parahyba bisa lebih lunak atau lembut. Jika dirasa sudah cukup, selanjutnya tinggal ditiriskan.

  5. Mulai Semai di Polybag

    Bagian akhir tinggal disemai pada media yang sudah siapkan dan estimasi berkecamba biasanya 1-2 minggu. Secara umum cara semai biji solobium parahyba tidak jauh berbeda dengan tanaman sengon.

Bagaimana sudah cukup jelas ya, panduan untuk cara semai biji solobium parahyba. Semoga bermanfaat, salam hijau Indonesia.