Memahami Waktu Vegetatif dan Generatif Tanaman

08 January 2023 - Kategori Blog

Memiliki tanaman yang dibesarkan dari kecil sampai besar, tentu membutuhkan waktu yang lama. Ada yang mulai dari tanam ukuran 40-50 cm, sampai menjadi sebuah pohon dengan ukuran 3-4 meter. Namun banyak yang menanam tidak mengerti waktu-waktu fase perkembangan tanaman. 

Memahami Waktu Vegetatif dan Generatif Tanaman

Secara sederhana tanaman dibagi menjadi dua fase, yaitu waktu vegetatif dan fase generatif. Apa itu masa vegetatif? Usia vegetatif bisa kita artikan sebagai usia pertumbuhan dimana tanaman membutuhkan pupuk atau kandungan nutrisi seperti nitrogen, phospor, dan kalium.

Sedangkan masa generatif atau masa berbuah adalah dimana waktu tanaman siap untuk dibuahkan. Pupuk yang digunakan bisa menggunakan MKP, KNO3, dan sejenisnya. Usia ideal juga berbeda-beda, misalnya mangga dengan asal budidaya sambung usia ideal dibuahkan adalah 4 tahun. 

Hal ini tentu juga berbeda untuk tanaman jeruk nagami, yang bisa dibuahkan dalam waktu usia 1-2 tahun. Memang usia generatif tanaman berbeda-beda dari satu jenis dengan lainnya. Sehingga tidak bisa kita samakan atau perlakukan sama.

Kemudian banyak yang kurang tepat dalam memahami usia generatif, biasanya ingin dibuatkan kembali. Sedangkan tanaman belum dikembalikan ke posisi normal. Tanaman hampir sama dengan manusia, setelah hamil dan melahirkan diberikan waktu untuk istirahat dan memulihkan diri kembali.

Itulah kenapa ada musim buah dan tidak ada musim buah. Hal ini sangat normal karena kondisi wilayah dan nutrisi bisa berbeda-beda disetiap daerah. Misal di Malang musim durian, bisa jadi di Jakarta tidak ada musim durian atau sebaliknya.

Semoga penjelasan tentang waktu penting tanaman diatas bisa bermanfaat. Salam hijau Indonesia.