Jenis Tanaman Pohon Kayu Balsa di Indonesia

31 March 2022 - Kategori Blog

Banyaknya peminat akan tanaman kayu balsa menjadikan banyak jenis yang disampaikan di media online. Namun untuk memudakan hal tersebut kami akan membahas tiga jenis saja yang sedang banyak dicari di Indonesia.

Tanaman kayu balsa banyak tersebar di Indonesia, khususnya di Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Saat ini jenis tanaman kayu balsa dibagi menjadi dua jenis, yaitu kayu balsa putih dan kayu balsa merah. Kayu balsa merah memiliki ciri daun berwarna merah pada jari-jarinya dan memiliki berat yang lebih saat siap tebang. Beratnya kayu ini menjadikan kekurangan pada kayu balsa merah sehingga peminat dipasar sedikit.

REVISI: UNTUK SEKARANG JENIS BALSA CUMA ADA 1 SAJA TANPA DIBEDAKAN BALSA PUTIH/BALSA MERAH!! WARNA PADA BAGIAN TERSEBUT HANYA SOAL PENYERAPAN NUTRISI PADA TANAH YANG BERBEDA, SEDANGKAN SAAT SUDAH BESAR AKAN SAMA SAJA.

Sedangkan jenis kayu balsa putih cenderung ringan dan memiliki ciri-ciri daun berjari putih dan daun juga berjari. Namun ada dua jenis lagi untuk jenis balsa putih, yang biasa kita kenal dengan balsa jawa dan balsa kalimantan timur (kaltim).

Pasar sekarang mencari balsa putih jawa karena cenderung memiliki berat kayu yang ringan. Perbedaan balsa putih jawa dan balsa putih kaltim bisa cek pada gambar berikut ini.

Jenis Tanaman Pohon Kayu Balsa di Indonesia

Untuk kualitas unggul, kayu pohon balsa putih jawa lebih bernilai ekonomis karena ringan dan kuat. Saat ini kami menyediakan biji dan bibit balsa putih jawa siap tanam dan semai. Anda bisa dapatkan sekarang dengan kualitas dan jenis yang lebih terpercaya. Mau? Klik Disini Biji Balsa.