Ganti Media Tanam Alpukat untuk Pembesaran

18 June 2023 - Kategori Blog

Sebuah tanaman alpukat yang berasal dari bibit, ukuran kecil mungkin banyak yang tidak mengetahui proses untuk tumbuh dewasanya. Dimana, ada beberapa kali ganti media tanam alpukat agar bisa tumbuh dengan baik dan subur. Pada artikel ini kami akan jelaskan tahapan-tahapan pergantian media tanam, khususnya pada alpukat.

Ganti Media Tanam Alpukat untuk Pembesaran

1. Media Semai

Pada bagian awal sebuah biji alpukat akan disemai dengan media polybag kecil dengan ukuran 5-8 cm. Media yang dipakai biasanya sekam dan campuran kompos dengan perbandingan 2 tanah 1 sekam.

2. Media Tumbuh

Fase kedua ini merupakan fase pergantian media tanam alpukat yang bertujuan untuk membesarkan dan menggemukan tanaman. Media yang dipakai dominasi kompos dan sekam, tidak jauh berbeda dengan media awal. Masa ini juga sudah mulai dikenalkan pemupukan NPK.

3. Media Pembesaran

Pada tahap ketiga ini tanaman diganti dengan media besar atau pakai planter bag. Media tanam yang dipakai cukup banyak karena tujuannya membesarkan dan bisa sampai berbuah. Tidak jarang ukuran ini banyak dicari oleh sobat Agro karena sudah mendekati masa berbuah.

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan proses dari pergantian media tanam alpukat. Baik mulai fase semai, sampai dengan masa pembesaran dan siap berbuah. Salam hijau Indonesia.