Faktor Buah Mangga Miyazaki Tidak Semerah di Jepang

13 October 2022 - Kategori Blog

Tanaman buah mangga termahal di Jepang atau yang kita kenal dengan mangga miyazaki adalah buah mangga dengan warna merah yang sangat menarik. Tanaman buah satu ini juga memiliki nilai yang tinggi di Jepang. Sehingga banyak orang tergiur untuk memiliki dan menanamnya.

Faktor Buah Mangga Miyazaki Tidak Semerah di Jepang

Seperti yang berada di Indonesia, dimana bibit mangga miyazaki sudah ada dan dikembangkan di beberapa daerah. Namun mungkin ada yang heran, “kenapa kulit buah tidak semerah di Jepang?”. Pada artikel ini akan kita bahas beberapa faktor yang menyebabkan tanaman miyazaki tidak menghasilkan kulit buah yang merah.

Pertama-tama kita harus pahami bahwa tanaman ini berasal dari Jepang dan memiliki iklim berbeda dengan Indonesia. Sehingga pigmen pada tanaman buah juga akan mengalami dampak warna. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi warna buah.

  • Iklim
  • Cuaca
  • Ketinggian
  • Nutrisi Tanah
  • dan Faktor X Lainnya

Hal ini juga berlaku pada tanaman jeruk Red Pamelo yang pada negara asalnya Thailand bisa berwarna merah cerah. Namun saat ditanam di Indonesia hanya di beberapa wilayah saja yang bisa berwarna merah.

Tanaman yang ditanam pada dataran tinggi memiliki potensi warna buah mendekati dengan aslinya, seperti jeruk yang ditanam pada kawasan tinggi (Batu, Malang, Jawa Timur). Buah yang berasal dari sana bisa berwarna orange cerah, sedangkan pada dataran rendah hanya sampai ke hijau ke orange’an.

Untuk mangga miyazaki dari Induk yang sudah kita kembangkan dan berbuah, Alhamdulillah untuk rasa Manis Full. Jika ditanya soal perbedaan mangga miyazaki dan mangga irwin, yang utama terdapat pada kulit dan rasa buah yang lebih manis. Sedangkan pada mangga irwin masih terdapat asam-asam sedikit. Oke, itu dulu ulasan faktor buah mangga bisa berwarna merah. Semoga membantu sobat Agro Bibit ID untuk memahaminya.