Daftar Tanaman untuk Kawasan Tanah Longsor

29 June 2023 - Kategori Blog

Kawasan lereng gunung yang berada di Indonesia, sering kita mendapatkan berita terjadinya sebuah bencana tanah longsor. Dimana sering terjadinya tanah longsor karena curah hujan tinggi dan tanah tidak memiliki pengikat atau penahan. Hal ini tentu menjadi sebuah pelajaran untuk yang berada di kawasan rawan agar segera melakukan perbaikan pada konstruksi tanah. 

Daftar Tanaman untuk Kawasan Tanah Longsor

Salah satu caranya adalah dengan melakukan penanaman pohon yang mampu mengikat tanah dan memiliki akar yang baik. Apa saja tanaman tersebut? Mari kita bahas pada ulasan berikut.

1. Pohon Ketapang Kencana

Tanaman pohon satu ini memiliki akar yang kuat dan penyebarannya juga luar. Sehingga sangat sesuai untuk dijadikan tanaman penahan tanah. Selain itu ukuran yang besar bisa menjadi peneduh dan pelingung sekaligus.

2. Tanaman Gamal

Sebuah tanaman yang biasa dijadikan makan ternak ini memang memiliki multifungsi. Satu untuk makan ternak dan kedua sebagai pelindung juga untuk kawasan hutan dan lereng.

3. Tanaman Kaliandra

Berbunga dengan warna merah cantik, tanaman kaliandra juga banyak dimanfaatkan manusia. Misalnya untuk diambil bijinya dan penyubur tanah. Hal ini dikarenakan tanaman kaliandra memiliki bintil pada akar yang dapat menahan erosi tanah.

4. Tanaman Turi

Kecepatan tumbuh dan besar menjadi nilai utama dalam tanaman turi untuk menjaga area tanah yang rawan longsor. Tumbuh cepat dan akar juga akan berjalan baik, kedalam tanah.

5. Tanaman Lamtoro

Tidak jauh berbeda dengan tanaman turi, akar dari tanaman lamtoro ini juga dalam dan kuat. Sehingga sangat sesuai untuk dijadikan penahan tanah.

6. Akar Wangi

Tanaman sejenis rumput ini memiliki kekuatan akar yang baik dan panyebaran akar yang luas. Sehingga mampu menahan abrasi tanah pada kawasan longsor. Selain itu tanaman akar wangi juga tidak membutuhkan perawatan khusus.

Bagaimana sudah menentukan tanaman yang akan dijadikan penahan dikawasan area longsor? Silakan kontak kami untuk pemesanan tanaman dan bibit tanaman yang siap tanam tentunya. Salam Hijau Indonesia.