Daftar 5 Alpukat Unggulan untuk Koleksi Kebun

11 May 2024 - Kategori Blog

Mau tanam alpukat dengan buah besar? Jangan sampai salah tanam ya. Yuk kita kenalan dengan ciri dan bentuk buahnya. Biar bisa sesuai dengan keinginan nanti waktu panen. Hal ini penting karena ada ragam bentuk buah alpukat dan ukuran buahnya juga berbeda-beda, cek daftar 5 alpukat unggulan berikut:

Daftar 5 Alpukat Unggulan untuk Koleksi Kebun

  1. Alpukat kelud, buah dari alpukat ini adalah lonjong dan panjang dengan biji kecil pada bagian bawahnya.
  2. Alpukat Markus, atau juga disebut dengan alpukat kendil. Buah dari alpukat markus adalah bulat dan hampir mirip dengan bola. 
  3. Alpukat alligator, buah dari alpukat ini berbentuk lonjong namun dengan bagian membesar pada pangkalnya. 
  4. Alpukat miki, kalau buah dari alpukat miki lebih ke agak bulat dan lojong dan biasa kita sering temui.
  5. Alpukat Vietnam, kalau jenis alpukat ini hampir mirip dengan kelud namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Jenis Alpukat untuk Tabulampot

Pada dasarnya semua jenis tanaman alpukat bisa saja dijadikan atau tanam di pot, karena tabulampot adalah metode menanam di dalam pot. Namun dari sejauh artikel ini dibuat jenis kelud dan aligator, lebih sering terbukti rajin berbuah di pot. Hal ini tentu menjadi solusi terbaik untuk Anda yang memiliki lahan terbatas. 

Usia Pembuahan Tanaman Alpukat

Jenis dari alpukat kelud dan aligator, mampu dan terbukti bisa dibuahkan dengan ukuran pot mulai dari diameter 80-100 cm. Sobat Agro juga bisa menggunakan planterbag agar lebih tahan lama dan ukuran sesuai kebutuhan. Ideal tanaman alpukat bisa dibuahkan di usia 2-3 tahun atau tergantung ukuran besar batang utama. Jika batang utama sudah sebesar tiga jari, tanaman alpukat sudah bisa belajar dibuahkan dengan pemberian pupuk generatif. 

Bagaimana sudah tertarik untuk menanam tanaman alpukat? Jangan sampai salah jenis dalam menentukan tanaman yang akan ditanam ya. Semoga bermanfaat, sampai jumpa pada informasi menarik lainnya.