Ciri Daun Ketapang Kencana Varigata Putih

18 May 2024 - Kategori Blog

Tanaman ketapang menjadi salah satu jenis pohon peneduh yang banyak dipakai pada kawasan perumahan, perkantoran, dan kawasan teduh lainnya. Hal ini karena pohon ketapang memiliki karakter melebar dan mampu tumbuh besar dengan baik. Ada beberapa jenis ketapang di Indonesia. Mulai dari ketapang laut, ketapang kencana hijau, dan ketapang kencana putih.

Jenis Ketapang di Indonesia

Jika teman-teman baru mengenal tanaman ketapang, maka kita akan jelaskan secara detail jenis-jenis ketapang di Indonesia.

  • Ketapang Laut, jenis ini memiliki ciri daun yang lebar dan banyak ditemukan di kawasan dekat pantai. Selain itu biji dari buah ketapang laut juga bisa dimakan dan rasanya mirip dengan kacang.
  • Ketapang Kencana Hijau, berikutnya ini ada ketapang kencana. Dimana ciri dari ketapang kencana ini memiliki daun lebih kecil dari ketapang laut dan berwarna hijau. Jadi perbedaan kencana dan laut adalah pada ukuran daunnya saja. 
  • Ketapang Kencana Varigata / Putih, jenis ini berbeda dengan ketapang laut namun sama dengan ketapang kencana hijau. Perbedaannya hanya pada daunnya saja, yang dimana pada ketapang kencana varigata daun cenderung berwarna putih.

Ketapang Laut

ketapang laut

Ketapang Kencana Hijau

Ketapang Kencana Hijau

Ketapang Kencana Putih

ketapang kencana putih / varigata

Contoh Gambar Jenis Ketapang di Indonesia

Berikut contoh dari gambar dari masing-masing daun ketapang laut dan ketapang kencana di Indonesia. Semoga gambar berikut ini menjadi lebih memudahkan teman-teman dalam mendapatkan informasi secara detail tentang perbedaan ketapang kencana laut, ketapang hijau, dan ketapang putih.

Bagaimana sudah jelas bukan perbedaan dari daun ketapang kencana dan ketapang laut? Semoga membantu informasi terkait perbedaan masing-masing jenis ketapang di Indonesia. Salam Hijau Indonesia.