Cara Tabulampot Tanaman Alpukat Kelud di Kota

18 March 2023 - Kategori Blog

Salah satu tanaman alpukat genjah atau unggulan adalah Alpukat Kelud, dimana tanaman tersebut sudah terbukti bisa berbuah didalam pot dan bisa dikembangkan di dataran rendah juga. Alpukat Kelud masih banyak dikenal di kawasan Jawa Timur, seperti Kediri, Blitar, Nganjuk, dan Lainnya.

Anda bisa mendapatkan bibit Alpukat Kelud unggulan dengan asal budidaya sambung. Tanaman Alpukat Kelud bisa berbuah di usia 2-3 tahun atau ideal saat batang sudah sebesar tiga jari atau selengan tangan orang dewasa. Pada artikel ini kita akan bahas lebih detail tentang ukuran pot untuk menanam tanaman Alpukat Kelud di dalam pot.

Alpukat Kelud Terjamin ASLI

Baik, pertama kita siapkan bibit Alpukat Kelud yang sudah berasal dari budidaya sambung dan dari asal usul bibit yang terpercaya ASLI. Selanjutnya kita siapkan media tanam dengan perbandingan 

3 Sekam Mentah : 2 Tanah : 1 Kohe Kambing (sudah jadi).

Ciri kohe kambing yang sudah matang adalah ringan dan mudah hancur saat diremas. Campur media tersebut sampai merata dan siap dijadikan media tanam untuk Alpukat Kelud.

Kedua kita siapkan pot dengan ukuran diameter 80-100 cm, seperti pada gambar berikut. Perbedaan pot plastik dengan planter adalah kekokohan dalam menopang pohon. Dimana pot dengan plastik lebih kokoh dalam menahan pohon Alpukat Kelud.

cara tanam alpukat kelud di POT

Selanjutnya masukan bibit pada media tanam, tidak perlu di isi sampai penuh, karena nanti bisa kita tambahkan sambil berjalannya waktu agar media tanam tidak terlalu jenuh. Tanaman Alpukat Kelud suka dengan media yang poros, jadi pastikan setelah disiram air bisa keluar dengan lancar.

Cara Tabulampot Tanaman Alpukat Kelud di Kota

Pada bagian bawah pot wajib diberi penopang bisa dari batu bata merah, batako, atau lainnya yang mampu menopang tabulampot Alpukat Kelud. Fungsinya juga untuk memberikan ruang air agar bisa terbuang dengan baik. Proses selanjutnya tinggal membesarkan pohon Alpukat Kelud bisa dengan pemberian pupuk NPK dan sejenisnya agar tumbuh baik. Selamat berkebun, salam Hijau Indonesia.