Cara Semai Benih Biji Mahoni untuk Budidaya Pembibitan

31 March 2022 - Kategori Blog

Pohon mahoni yang biasa kita kenal sekarang ini tentu melalui proses panjang dari sebuah persemaian. Dimana proses semai tersebut berasal dari biji tanaman mahoni itu sendiri. Saat ini budidaya tanaman mahoni hanya bisa dilakukan via biji saja.

Cara Menyemai Benih Mahoni terbuka

Sehingga banyak persemaian biji mahoni di kalangan petani dalam membudidayakan tanaman tersebut. Namun bagi yang baru mulai bisa juga untuk belajar bagaimana cara melakukan semai biji mahoni secara mandiri. Panduan cara berikut ini adalah cara yang sederhana yang dipakai oleh kami yang biasa melakukan pembudidayaan bibit tanaman pohon mahoni.

Benih Biji Mahoni Siap Semai murah

Baik, mari langsung saja kita mulai. Pertama yang wajib Anda siapkan adalah biji mahoni kering yang sudah dijemur dengan baik. Tanaman biji mahoni yang sudah kering memiliki bobot yang ringan dan mudah terbang jika ditiup.

  1. Pertama jemur dulu biji mahoni yang sudah kita beli via online atau dari petani terdekat, lakukan penjemuran selama 1 hari saja.
  2. Siapkan media semai terbuka dengan hamparan tanah gembur yang sudah dibasai sedikit atau tidak lembek.
  3. Tabur biji mahoni yang sudah kita siapkan, usahakan tidak menumpuk. Jika sudah tutup tipis dengan tanah.
  4. Kemudian siram sedikit saja agar bagian atas biji juga terkena air.
  5. Biasanya bakal tunas biji mahoni akan keluar setelah 7-10 hari.
  6. Jika tanaman sudah mulai tumbuh 8-10 cm, sudah mulai dipindahkan ke polybag mandiri agar tumbuh secara optimal.

Baik itu dulu panduan sederhana untuk cara semai biji mahoni. Detail bisa di cek pada gambar yang kami lampirkan, semoga bermanfaat. Salam Sukses, Sobat Agro Bibit Indonesia.