Cara Mengatasi Daun Kuning pada Tanaman

27 April 2022 - Kategori Blog

Daun tanaman dirumah mulai ada warna kuning? Jika demikian artinya tanaman sudah waktunya mendapatkan nutrisi yang cukup. Kondisi demikian biasa dialami pada tanaman dengan metode tabulampot, polybag, dan sejenisnya. Hal ini wajar dan normal karena akar dalam pot pasti membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh.

Kekurangan nutrisi, seperti nitrogen, kalium, dan unsur hara lainnya menjadikan daun pada tanaman berwarna kuning. Secara umum berikut penyebab daun tanaman menjadi kuning:

  1. Kekurangan nutrisi
  2. Media tanam kurang subur
  3. Kekurangan air
  4. Ukuran pot terlalu kecil
  5. Ada kerusakan akar

Kondisi tanaman yang demikian tentu harus segera mendapatkan pertolongan agar dapat tumbuh dengan optimal. Salah satu yang bisa Anda pakai adalah pemberian pupuk NPK dan mulai memberikan penyemprotan hormon atau ZPT (zat pengatur tumbuh).

Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah “AGRO ZPT + HORMON”. Dimana kandungan pada obat tersebut sudah ada ZPT dan Hormon untuk optimalkan tanaman. Untuk cara penggunaan juga sudah dijelaskan pada kemasan. Dimana sebaiknya dipakai metode semprot pada daun tanaman agar stomata bisa langsung menyerap nutrisi.

Agro ZPT Atasi Daun Kuning

Salah satu cara tersebut, sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari agar produksi nutrisi yang ada pada daun langsung terserap pada tanaman. Biasanya hasil akan terlihat setelah 2-3 minggu pemakaian. Tanaman dengan daun kuning tentu menjadi banyak masalah untuk pertumbuhan tanaman.

Daun tanaman yang menguning akan menyebabkan tanaman tidak tumbuh dengan baik, stagnan, kuntet kalau dalam bahasa jawa. Sudah pasti juga akan berdampak pada proses pembuahan yang bisa jadi tidak segera berbuah.

Baik itu dulu ulasan tentang mengatasi daun kuning pada tanaman, semoga bermanfaat. Baca juga artikel tanaman pada kolom dibawah ini. Salam hijau Indonesia.