Biji dan Bibit Balsa Mulai Diminati Petani Indonesia

31 March 2022 - Kategori Blog

Tanaman balsa atau kayu balsa akhir ini mulai banyak di tanam dan dibudidayakan oleh para petani di Indonesia. Hal ini bisa jadi karena sudah banyak pengetahuan tentang kayu balsa yang semakin dikenal masyarakat. Kayu balsa sejenis dengan katu jabon yang biasa dijadikan untuk media pembuatan kertas dan beberapa keperluan rumah tangga.

Biji Kayu Balsa

Namun kayu balsa berbeda, diluar Indonesia banyak dimanfaatkan untuk keperluan aerodinamis atau dalam bahasa sederhana untuk pembuatan miniatur dalam desain penerbangan. Tidak hanya pada bidang penerbangan saja, namun juga teknik sipil. Kayu tersebut biasa dijadikan bahan untuk membuat miniatur jembatan dan sebagainya.

Berat jenis kayu balsa adalah 0,16, sementara fiberglass 0,24. Kayu sengon yang juga terkenal karena ringannya, memiliki berat jenis di angka 0,33. Ini menunjukkan kualitas kayu Balsa jauh lebih baik dibandingkan fiberglass.

Keunggulan tersebut menjadikan bahan baku kayu balsa sangat diminati dalam pembuatan media miniature yang kuat dan ringan. Namun masyarakat Indonesia masih condong ke kayu jabon karena tipikal tanaman yang lebih lurus ke atas dari pada tanaman kayu balsa yang condong bercabang.

kayu pohon balsa

Tanaman kayu balsa banyak di jumpai di pulau jawa. Kita bisa menjumpai pohon balsa ini di daerah Jawa Timur (Probolinggo, Blitar, Kediri, Lumajang), Jawa barat di daerah (Sumedang, Bogor) Jawa Tengah di daerah (Ungaran, Cilacap, Magelang). Di Sulawesi, kita bisa temui di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

Harga kayu balsa dipasaran bulat diameter 30 cm, saat ini Rp 135.000,- per m3. Diameter 20 – 29 cm. Rp 118.000 per m3. Diameter 19 cm. Rp 80.000,- per m3. Harga kayu balsa ini sama dengan kayu pinus, albisia, akasia mangium, karet dan gamelina. Harga kayu balsa dan albisia langsung dari Hutan Tanaman Industri (HTI), lebih murah yakni Rp 20.000,- per ton. Harga ini paling murah dibanding dengan Pinus dan karet Rp 45.000,- Akasia, Eukaliptus dan Gamelina Rp 30.000,- Hingga sebenarnya, harga kayu balsa di dalam negeri jauh lebih murah dibanding harga di pasar dunia.